RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2
Satuan Pendidikan
: SMP
Mata Pelajaran
: IPS
Kelas / Semester
: VIII (tujuh) / 2 (dua)
Materi
Pokok :
5. Interaksi Manusia dan Lingkungan
Alokasi
: 2 x pertemuan (4 JP)
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya. perilaku
2.
Menghormati dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tangungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinterasi secara efektif dengan lingkungan social dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (factual,
konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknolodi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, modifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang
/ teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.3 Menghargai
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.
|
1.3.1.
Mengucapkan rasa syukur atas keberadaan lingkungan alam pedesaan yang subur
dan masyarakat yang harmonis melalui do’a.
|
2.
|
2.3
Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi
social dengan linkungan dan teman sebaya.
|
2.3.1
Menunjukkan perilaku peduli saat melakukan kegiatan pengamatan video/gambar
lingkungan alam pedesaan yang subur dan masyarakat yang harmonis.
2.3.2 Menunjukkan
perilaku santun pada saat melakukan diskusi hasil pengamatan video /gambar
lingkungan alam pedesaan yang subur dan masyarakt yang harmonis.
|
3.
|
3.4 Memahami
pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, social, budaya,
danekonomi.
|
3.4.1
Mendeskripsikan pengertian interaksi manusia dan lingkungan.
3.4.2
Menganalisa perbedaan antara lingkungan alam dan social.
3.4.3
Menjelaskan kererkaitan antar komponen lingkungan,
|
4.
|
4.3
Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, social, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat
sekitar.
|
4.3.1
Melaporkan hasil analisis dan diskusi tentang interaksi manusia dengan
lingkungan melalui kegiatan presentasi di depan kelas dalam bentuk deskripsi
sederhana, gambar, atau dalam bentuk powerpoint.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan 1 :
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat :
a.
Mengucapkan rasa syukur melalui do’a
bersama dengan sungguh-sungguh.
b.
Menunjukkan perilaku peduli saat
melakukan kegiatan pengamatan video/gambar lingkungan alam pedesaan yang subur
dan masyarakat yang harmonis.
c.
Menunjukkan perilaku santun pada saat
melakukan diskusi hasil kegiatan pengamatan video/gambar lingkungan alam pedesaan
yang subur dan masyarakat yang harmonis.
d.
Mendeskripsikan pengertian manusia dan
lingkungan dengan kalimat sendiri.
e.
Menganalisis secara cermat perbedaan
antara lingkungan alam dan sosial.
f.
Menjelaskan keterkaitan antara komponen
lingkungan secara tepat.
Pertemuan 2 :
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat :
a.
Melaporkan hasil analisis dan diskusi
tentang interaksi manusia dengan lingkungan melalui kegiatan presentasi di
depan kelas dalam bentuk deskripsi sederhana, gambar, atau dalam bentuk
powerpoint yang tepat.
b.
Membuat kesimpulan tentang interaksi
manusia dan lingkungan yang tepat.
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Hakikat Interaksi Manusia dan
Lingkungannya.
a.
Pengertian lingkungan
b. Perbedaan
antra lingkungan alam dan social
c.
Interaksi manusia dengan lingkungan
2.
Keterkaitan Antarkomponen Lingkungan.
a.
Komponen lingkungan
b.
Keterkaitan antar komponen lingkungan
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Metode ilmiah
2.
Pembelajaran kooperatif
F.
Sumber
Belajar
1.
Iwan Setiawan,dkk.2013.Buku Ilmu
Pengetahuan Sosial Jakarta:Kemendikbud RI (halaman 174-176).
2.
Lingkungan alam dan social di sekitar
sekolah.
G.
Media
Pembelajaran
1.
Media :
· Power
point tentang lingkungan.
· Lembar
kerja peserta didik (panduan video/gambar lingkungan alam pedesaan yang subur
dan masyarakat yang harmonis).
· Video/gambar
tentang lingkungan alam pedesaan yang subur dan masyarakat yang harmonis.
2.
Alat dan bahan :
· LCD
Proyektor
H.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
a.
Pendahuluan (10 menit)
· Peserta
didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa.
· Peserta
didik bersama guru mengkondisikan kelas.
· Guru
member motivasi : menunjukkan beberapa contoh lingkungan alam di sekitar
sekolah.
· Guru
menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran.
b. Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati
:
· Peserta
didik mengamati video/gambar tentang : lingkungan alam pedesaan yang subur dan
masyarakat yang harmonis untuk membangkitkan rasa ingin tahu.
Menanya
:
Peserta didik diberi kesempatan
untuk merumuskan dan mengajukan pertanyaan dibawah bimbingan guru. Pertanyaan
diarahkan pada hal-hal yang substantive seperti contoh dibawah ini :
· Mengapa
masyarakat pedesaan melakukan kegiatan gotong-royong ?
· Apa
manfaat yang diperoleh masyarakat dalam melakukan kegiatan gotong-royong ?
· Mengapa
lingkungan pedesaan tampak subur ?
Mengumpukan
Data
· Mengunpulkan
data berdasarkan hasil identifikasi tentang :
- ciri-ciri lingkungan alamt dan
social.
- bentuk interaksi manusia dan
lingkungan.
- keterkaitan antar komponen
lingkungan.
Mengasosiasi
· Menganalisis
data yang telah dikumpulkan tentang :
-
Pengertian interaksi manusia dan
lingkungan
-
Keterkaitan antar komponen lingkungan
-
Ciri-ciri lingkungan alam dan sosial.
-
Bentuk interaksi manusida dan
lingkungan.
-
Keterkaitan antar komponen lingkungan.
· Menyimpulkan
hasil analisis keterkaitan antar komponen lingkungan :
1.
Alasan masyarakat pedesaan melakukan
kegiatan gotong royong.
2.
Penyebab lingkungan alam pedesaan subur.
3.
Penyebab kegiatan pertanian terjadi di
pedesaan.
4. Ciri-ciri
lingkungan alam dan lingkungn buatan.
5. Batasan
dari interaksi alam dan lingkungan.
6. Perbedaan
antara lingkungan alam dan lingkungan social.
7. Keterkaitan
antara lingkungan biotic, abiotik dan social dalam masyarakat.
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
· Peserta
didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran.
· Peserta
didik diberi pesan tentang nilai dan moral.
· Peserta
didik diberi tugas untuk menyempurnakan laporan hasil pengamatan untuk
dipresentasikan di pertemuan berikutnya.
2.
Pertemuan 2
a.
Pendahuluan (10 menit)
·
Pembukaan : Salam dan doa permbuka.
·
Peserta didik bersama guru
mengkondisikan kelas.
·
Apersepsi : peserta didik mendengarkan
pertanyaan guru tentang materi pertemuan yang lalu.
·
Peserta didik mendengarkan motivasi dari
guru : menunjukkan beberapa contoh lingkungan alam di sekitar sekolah.
·
Peserta didik mendengarkan topic dan
tujuan pembelajaran.
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
Mengkomunikasikan :
·
Mempresentasikan hasil analisis pengertian
interaksi manusia dan lingkungan serta keterkaitan antar komponen lingkungan di
depan kelas.
·
Melaporkan kesiempulan hasil presentasi
dalam bentuk tulisan kepada guru.
c.
Kegiatan Penutup (10 menit)
·
Peserta didik diminta melakukan refleksi
terhadap proses pembelajaran.
·
Peserta didik dan guru membuat
keseimpulan.
·
Peserta didik mendapatkan tugas untuk
mempelajari materi berikutnya.
I.
Penilaian
1.
Sikap Spiritual
a.
Teknik : Observasi
b.
Bentuk Instrumen : Lembar observasi
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir
Instrumen
|
1
|
Mensyukuri
|
1
|
Instrumen
: lihat lampiran …
2.
Sikap
Sosial
a.
Teknik : Observasi
b.
Bentuk Instrumen : Lembar observasi
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir
Instrumen
|
1
|
Santun
|
1
|
2
|
Peduli
|
1
|
Instrumen
: lihat lampiran
3.
Pengetahuan
a.
Teknik : Tes tulis
b.
Bentuk Instrumen : Uraian
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
1
|
Mendeskripsikan
pengertian interaksi manusia dan lingkungan
|
1
|
2
|
Menganalisis
perbedaan antara lingkungan alam dan sosial
|
2
|
3
|
Menjelaskan
keterkaitan antar komponen lingkungan
|
3 - 10
|
Instrumen
: lihat lampiran
4.
Ketrampilan
a.
Kisi-kisi :
No.
|
Ketrampilan
|
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Butir
Instrumen
|
1
|
Mengobservasi
|
Produk
|
Rubrik
|
1
|
2
|
DIskusi
|
Observasi
|
Lembar
observasi
|
2
|
3
|
Presentasi
|
Observasi
|
Lembar
observasi
|
3
|
Mengetahui
Kepala
SMP
________________________
NIP.
…
|
…….,
………………20…
Guru
Mata Pelajaran
________________________
NIP.
…
|
LAMPIRAN
Lampiran 1. Sikap Spiritual
No.
|
Nama
|
Sikap Spiritual
|
Sikap Sosial
|
Total Skor
|
|
Mensyukuri
|
Santun
|
Peduli
|
|||
1-4
|
1-4
|
1-4
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
a.
Sikap Spiritual
1)
Indikator sikap spiritual “mensyukuri” :
-
Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
pembelajaran.
-
Memberi salam pada saat awal dan akhir
presentasi sesuai agama dan dianut.
-
Menjaga lingkungan hidup di sekolah.
-
Memelihara hubungan baik dengan sesame
teman sekelas.
2)
Rubrik pemberian skor
-
4
= jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut.
-
3 = jika siswa melakukan 3 (empat)
kegiatan tersebut.
-
2 = jika siswa melakukan 2 (empat)
kegiatan tersebut
-
1 = jika siswa melakukan salah satu
(empat) kegiatan tersebut.
b.
Sikap social.
1)
Sikap santun
a)
Indikator sikap social “santun”
-
tidak berkata-kata kotor dan kasar
-
Tidak menyela pembicaraan
-
Mengucapkan terima kasih setelah
menerima bantuan orang lain.
-
Bersikap 3S (salam, senyum, sapa)
b)
Rubrik pemberian skor
-
4 = jika siswa melakukan 4 (empat)
kegiatan tersebut.
-
3 = jika siswa melakukan 3 (empat)
kegiatan tersebut.
-
2 = jika siswa melakukan 2 (empat)
kegiatan tersebut
-
1 = jika siswa melakukan salah satu
(empat) kegiatan tersebut
2)
Sikap peduli
a)
Indikator sikap social “santun”
-
Mengingatkan teman jika ada kesalahan
-
Selalu menjaga barang-barang milik
sekolah
-
Tidak mencorat-coret sembarangan
-
Menjaga linkungan sekolah tetap bersih
dan nyaman
b)
Rubrik pemberian skor
-
4 = jika siswa melakukan 4 (empat)
kegiatan tersebut.
-
3 = jika siswa melakukan 3 (empat)
kegiatan tersebut.
-
2 = jika siswa melakukan 2 (empat)
kegiatan tersebut
-
1 = jika siswa melakukan salah satu
(empat) kegiatan tersebut.
Lampiran
2.
Pengetahuan
Nomor
|
Butir Instrumen
|
1
|
Rumuskan pengertian lingkungan dengan
kalimatmu sendiri !
|
2
|
Jelaskan perbedaan antara lingkungan
alam dan lingkungan sosial !
|
3
|
Apa yang dimaksud interaksi manusia
dan lingkungan itu ?
|
4
|
Sebutkan komponen lingkungan dengan
kalimatmu sendiri !
|
5
|
Jelaskan komponen abiotik dengan
kalimatmu sendiri !
|
6
|
Jelaskan komponen biotik dengan
kalimatmu sendiri !
|
7
|
Jelaskan komponen sosial dengan
kalimatmu sendiri !
|
8
|
Jelaskan komponen budaya dengan
kalimatmu sendiri !
|
9
|
Jelaskan keterkaitan antar komponen
lingkungan dengan manusia di perdesaan !
|
10
|
Jelaskan keterkaitan antar komponen
lingkungan dengan manusia diperkotaan !
|
Nilai = jumlah skor
Lampiran
3
Lembar
penilaian Ki 4 : Ketrampilan
1. Lembar penilaian untuk kegiatan
mengamati video/gambar tentang lingkungan alam pedesaan yang subur dan
masyarakat yang harmonis.
No
|
Nama Siswa
|
Relevansi (1-4)
|
Kelengkapan
(1-4)
|
Kebahasaan
(1-4)
|
Jumlah Skor
|
1
|
Wayan
|
|
|
|
|
2
|
Sudar
|
|
|
|
|
Nilai
= Jumlah skor dibagi 3
Ketrangan
:
a.
Kegiatan mengamati dalam hal ini
dipahami sebagai cara siswa mengumpulkan
informasi factual dengan memanfaatkan indera penglihatan, pembau, pendengar,
pengecap dan peraba. Maka cara keseluruhan yang dinilai adalah HASIL pengamatan
(berupa informasi) bukan CARA mengamati.
b.
Relevansi,
kelengkapan dan kebahasaan diperlukan sebagai indicator
penilaian kegiatan mengamati. Relevansi merujuk pada ketepatan akta yang
diamati dengan informasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan Kompetensi Dasar
/ Tujuan Pembelajaran (TP).
c.
Kelengkapan
dalam arti semakin banyak komponen fakta yang terliput atau semakin sedikit
sisa (residu) fakta yang tertinggal.
d.
Kebahasaan
menunjukkan bagaimana siswa mendeskripsikan fakta-fakta yang dikumpulkan dalam
bahasa tulis yang efktif (tata kata atau tata kalimat yang benar dan mudah
dipahami).
e. Skor terentang antra 1 – 4
1
= Kurang
2
= Cukup
3
= Baik
4
= Amat Baik
2. Penilaian untuk kegiatan diskusi
manusia dan lingkungannya.
No
|
Nama Siswa
|
Mengko-munikasikan
(1-4)
|
Mendengarkan
(1-4)
|
Beragumentasi
(1-4)
|
Berkontribusi
(1-4)
|
Jumlah Skor
|
1
|
Wayan
|
|
|
|
|
|
2
|
Acong
|
|
|
|
|
|
3
|
Sudar
|
|
|
|
|
|
4
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
Nilai
= jumlah skor dibagi 3
Keterangan
:
a.
Berdiskusi : mengacu pada ketrampilan
mengolah fakta dan menalar (associating) yakni membandingkan fakta yang telah
diolahnya (data) dengan konsep yang ada sehingga dapat ditarik kesimpulan dan
atau ditemukannya sebuah prinsip penting. Ketrampilan berdiskusi meliputi ketrampilan
mengkomunikasikan (communication Skill), mendengarkan (listening skill),
ketrampilan beragumentasi (arguing skill) dan ketrampilan berkontribusi
(contributing skill).
b.
Ketrampilan mengkomunikasikan adalah
kemampuan siswa untuk mengungkapkan atau menyampaikan idea tau gagasan dengan
bahasa lisan yang efektif.
c.
Ketrampilan mendengarkan dipahami
sebagai kemampuan siswa untuk tidak menyela, memotong, atau menginterupsi
pembicaraan seseorang ketika sedang mengungkapkan gagasannya.
d.
Kemampuan berargumentasi menunjukkan
kemampuan siswa dalam mengemukakan argumentasi logis (tanpa fallacy atau sesat
piker) ketika ada pihak yang bertanya atau mempertanyakan gagasannya.
e.
Kemampuan berkontribusi dimaksudkan
sebagai kemampuan siswa memberikan gagasan-gagasan yang mendukung atau mengarah
ke penarikan kesimpulan termasuk di dalamnya menghargai perbedaan pendapat.
f. Skor terentang antara 1 – 4
1 = Kurang
2 = Cukup
3= Baik
4 = Amat Baik
3. Penilaian presentasi hasil diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Menjelaskan
(1-4)
|
Memvisualkan
(1-4)
|
Merespon
(1-4)
|
Jumlah Skor
|
1
|
Wayan
|
|
|
|
|
2
|
Acong
|
|
|
|
|
3
|
Sudar
|
|
|
|
|
4
|
Dst.
|
|
|
|
|
Nilai
= Jumlah skor dibagi 3
a. Presentasi
menunjukkan pada kemampuan siswa untuk menyajikan hasil temuannya mulai dari
kegiatan mengamati, menanya, uji coba (mencoba), dan mengasosiasi sampai pada
keseimpulan. Presentasi terdiri atas 3 aspek penilaian yakni ketrampilan
menjelaskan, memvisualisasikan dan merespon atau member tanggapan.
b. Ketrampialn menjelaskan adalah
kemampuan menyampaikan hasil observasi dan diskusi secara meyakinkan.
c. Ketrampilan memvisualisasikan
berkaitan dengan kemampuan siswa utnuk membuat atau mengemas informasi seunik
mungkin, semenarik mungkin, atau sekreatif mungkin.
d. Ketrampilan merespon adalah
kemampuan siswa menyampaikan tanggapan atas pertanyaan, bantahan, sanggahan
dari pihak lain secara empatik.
e. Skor terentang antara 1 – 4
1
= Kurang
2
= Cukup
3
= Baik
4
= Amat Baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar