Minggu, 26 Oktober 2014

Tugas RPP


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SMP
Kelas/Semester            : 7/1
Sub tema                     : bertoleransi dalam keberagaman.
Alokasi Waktu            : (140 menit)
A.    Kompetensi Inti
3.  Memahami pengertahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pemgetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
B.     Kompetensi Dasar
3.6 Memahami keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender.
C.     Indikator pencapaian kompetensi
3.6.1        Mendeskripsikan keberagaman bangsa Indonesia.
3.6.2        Menyebutkan Faktor-faktor penyebab keberagaman bangsa indonesia.
3.6.3        Menerapkan perilaku toleransi terhadap keberagaman suku, ras, budaya, dan jenis kelamin.
D.    Tujuan Pembelajaran
3.6.1.1   Siswa dapat mendeskripsikan keberagaman bangsa Indonesia.
3.6.1.2   Siswa dapat menyebutkan faktor-faktor penyebab keberagaman bangsa Indonesia.
3.6.1.3   Setelah melakukan pembelajaran melalui pengamatan terhadap lingkungan sekitar diharapkan siswa mampu menerapkan perilaku toleransi terhadap keberagaman suku, ras, budaya, dan jenis kelamin.
E.     Materi Ajar
1.      Deskripsi keberagaman bangsa Indonesia.
2.      Faktor penyebab keberagaman bangsa Indonesia.
F.      Model, metode, dan pendekatan pembelajaran.
Model                                      :ceranah, dan diskusi
Metode                                    :
Pendekatan Pembelajaran       : pendekatan scientifik
G.    Alat, media/bahan.
1.      White board
2.      Spidol
3.      Buku paket
4.      Gambar mengenai suku-suku yang ada di indonesia.


Bahan ajar atau uraian materi:
1.      Deskripsi keberagaman bangsa Indonesia.
Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Indonesia terdiri atas 34 provinsi dengan ribuan pulau yang ada didalamnya. Luas dan besarnya wilayah indonesia itu lah yang menyebabkan keberagaman yang ada di indonesia. Keberagaman adalah suatu kondisi didalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang. Perbedaan tersebut terutama terdapat dalan suku, ras, agama, keyakinan, idiologi politik, sosial-budaya, ekonomi, dan jenis kelamin. Kebhinekaan dapat menjadi tantangan karena dengan adanya perbedaan- perbedaan itu akan mengakibatkan perpecahan apabila setiap individu terlalu menonjolkan kelebihan-kelebihan dari kelompoknya atau tidak memiliki rasa toleransi dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, oleh karena itu peran pemerintah dan seluruh warga negara Indonesia dalam mendorong keberagaman menjadi sebuah kekuatan guna mewujudkan persatuan dan kesatuan nasional.
2.      Faktor penyebab keberagaman bangsa.
Keberagaman bangsa Indonesia, terutama terbentuk oleh jumlah suku bangsa yang mendiami wilayah Indonesia sangat banyak dan tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Setiap suku bangsa memiliki ciri khas atau karakter tersendiri, baik dalam aspek sosial maupun budaya.
Keberagaman lainnya dari bangsa Indonesia adalah agama dan kepercayaan. Sejarah bangsa inonesia menunjukkan bahwa sejak dahulukala sistem kepercayaan di Indonesia berkembag dan berdampingan secara damai. Hal itu ditunjukkan pada buku sotasoma karangan mpu tantular pada zaman majapahit.
Perilaku yang dapat ditunjukkan oleh siswa dalam masyarakat yang beragam, diantaranya adalah:
a.       Semangat dan perilaku kebangsaan dalam kehidupan beragama yang beragam.
Semua orang di indonesia tentu menyakini salah satu agama, ada 6 agama yang diakui di Indonesia. Negara menjamin warga negaranya untuk menganut dan mengamalkan ajaran agamanya. Hal itu diatur dalam UUD 1945 Pasal 29 (2): negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu. Bentuk perilaku kehidupan dalam keberagaman agama diantaranya diwujudkan dalam bentuk:
-          Menghormati agama yang diyakini oleh orang lain.
-          Tidak memaksakan keyakinan agama kita kepada orang yang berbeda agama.
-          Bersikap toleransi terhadap keyakinan dan ibadah yang dilaksanakan oleh yang memiliki keyakinan dalam agama yang berbeda.
-          Melaksanakan ajaran agama dengan baik.
-          Tidak memandang rendah dan menyalahkan agama yang berbeda dan dianut oleh orang lain.
b.      Semangat dan perilaku kebangsaan dalam keberagaman ras suku di Indonesia.
Banyak tokoh yang menggambarkan ras itu dikaitkan dengan karakteristik fisik yang dimiliki oleh kelompok manusia.tapi perbedaan kita dengan orang lain tidak menunjukkan bahwa orang lain lebih baik dai kita, atau kita lebih baik dari orang lain. Oleh karena itu kita harus berperilaku baik kepada setiap orang tanpa memendang perbedaan tersebui.
c.       Semangat dan perilaqku kebangsaan dalam keberagaman sosial-budaya.
Kehidupan sosial-budaya masyarakat Indonesia sangat beragam, yang menjadi faktor penyebabnya dalah lingkungan. Keanekaragaman bangsa indonesia nampak pula pada seni sebagai hasil kebudayaan daerah di indonesia.misalnya dalam bentuk tarian dan nyanyian. Perilaku dan semangat kebangsaan dalam mempertahankan keberagaman bangsa diantaranya dapat dilakukan dengan:
-          Mengetahui keanekaragaman yang dimiliki bangsa Indonesia.
-          Mempelajari dan menguasai salah satu seni budaya sesuai dengan minat dan kesenangannya.
-          Merasa bangga terhadap budaya bangsa sendiri.
d.      Semangat dan perilaku kebangsaan dalam perbedaan jenis kelamin.
Tuhan menciptan manusia dalam dua jenis yaitu laki-laki dan perempuan. Hubungan sosial antara laki-laki dan perempuan itu lah yang dinamakan jenis kelamin. Kesearaan jenis kelamin adalah hasil dari ketiadaan diskriminasi berdasarkan jenis kelamin atas  dasar kesempatan, alokasi sumberdaya atau manfaat dan akses terhadap pelayanan.
H.    Langkah kegiatan/skenario bembelajaran.
NO
JENIS KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
1.
Kegiatan pendahuluan.
a.    Orientasi.
-          Guru mengucapkan salam, kemudian menunjuk salah satu siswa untuk memimpin do’a, setelah itu melakukan absensi.
-          Guru mengulas kembali materi yang di sampaikan pada pertemuan yang lalu.
b.   Apersepsi.
-          guru menbacakan K.I, K.D, Indikator, dan Tujuan Pembelajaran yang akan di capai
c.    Motivasi.
-          Guru menjelaskan manfaat mempelajari materi keberagaman yang ada di indonesia sehingga dapat menumbuhkan rasa toleransi antar sesama.
d.   Pemberian acuan.
-          Guru menanyakan kepada siswa tentang apa yang mereka ketahui mengenai keberagaman yang ada di indonesia.
-          Guru membagi kelas menjadi 5kelompok dan masing-masing kelompok terdiri dari 5 siswa.

2.
Kegiatan  Inti
a.    Eksplorasi.
-          Guru menjelaskan sedikit mengenai keberagaman yang ada di indonesia.
-          Guru menanya kepada siswa tentang keberagaman yang ada di indonesia terutama suku-suku yang siswa ketahui.
-          Guru meyuruh siswa untuk mengamati keberagaman yang ada di lingkungannya dan kemudian didiskusikan dengan kelompoknya. Kelompok tersebut terdiri dari kelompok bahasa, kelompok agama, kelompok tari, kelompok lagu, dan kelompok makanan, pakaian adat/peralatan hidup.
b.   Eksplorasi.
-          Guru menyuruh siswa untuk mengkomunikasikan tugas kelompok tersebut dengan kelompoknya, jika sudah selesai kemudian menujuk salah satu anggota dari masing-masing kelompok untuk mengkomunikasikan hasil kerja kelompoknya degan kelompok lain, dan kelompok lain boleh memberikan masukan kepada kelompok yang sedang presentasi, sehingga akan terjadi diskusi yang berjalan efektif
c.    Konfirmasi.
-          Guru menjelaskan kembali mengenai materi yang sudah dipaparkan oleh masing-masing kelompok sehingga setiap siswa akan lebih memahami

3.
Penutup
-       guru memberikan tugas individu kepada siswa.
-       Guru memberikan arahan tidak lanjut pembelajaran minggu depan yang akan membahas mengenai makna bhineka tunggal ika.

3.      Penilaian.
a.       Kisi-kisi untuk tes tertulis.
Idikator pencapaian kompetensi
Bentuk instrumen tes tertulis
Juml. soal
Uraian/lisan
No. Soal
Pilihan ganda
No. soal












































b.      Soal.
1.      Tuliskan perilaku toleran dalam kehidupan beragama yang beraga!
2.      Liskan perilaku toleran dalam perbedaan ras dan suku!
3.      Perilaku toleran dalam keberagaman sosial budaya
Isilah tabel dibawah ini!
No.
Daerah.
Nama tarian.
Nama lagu
1.
Jawa tengah
Tari gamyong, tari merak
Sue ora jamu.
2.



3.



4.



5.



6.



7.



8.



9.



10.



4.      Perilaku menghargai perbedaan sosial dan budaya!
5.      Perilaku toleran dalam perbedaan jenis kelamin!
c.       Kunci.
1.      Perilaku toleran dalam kehidupan beragama
-        Menghormati agama yang diyakini oleh orang lain.
-       Tidak memaksakan keyakinan agama kita kepada orang yang berbeda agama.
-       Bersikap toleransi terhadap keyakinan dan ibadah yang dilaksanakan oleh yang memiliki keyakinan dalam agama yang berbeda.
-       Melaksanakan ajaran agama dengan baik.
-       Tidak memandang rendah dan menyalahkan agama yang berbeda dan dianut oleh orang lain.
2.      Perilaku toleran dalam perbedaan ras/suku.
-       Berperilaku baik terhadap sesama tanpa memandang berbagai perbedaan diantaranya, warna kulit, warna rambut, bentuk ramput, dan
lain-lain
3.      Perilaku toleran dalam keberagaman sosial budaya
No.
Daerah.
Nama tarian.
Nama lagu
1.
Jawa tengah
Tari gamyong, tari merak
Sue ora jamu.
2.
Sulawesi selatan
Tari kipas

3.
Sumatra barat
Tari piring, tari payung

4.
Jawa barat
Tari jaipong

5.
Bali
Tari kecak

6.
Aceh
Tari saudati

7.
Sulawesi utara
Tari maengket

8.
maluku
Tari lenso

9.



10.



4.      Perilaku menghargai perbedaan sosial dan budaya
-        Menghargai kebudayaan daerah lain.
-        Tidak menjelek-jelekkan kebudayaan darrah lain.
5.      Perilaku toleran dalam perbedaan jenis kelamin
-       Tidak meremehkan orang yang berjenis kelamin perempuan atau sebaliknya.
-       Memberikan kesempatan yang sama kepada laki-laki maupun perempuan untuk mengekplorasikan dirinya.
-        
d.      Pedoman penskoran.
Benar  2 = nilai
Ex :
            5
e.       Tugas.
Jawablah soal-soal berikut!
1.      Sebutkan bentuk-bentuk keragaman yang dimiliki bangsa Indenesia!
2.      Sebutkan latar belakang yang menyebabkan bangsa Indonesia beragam!
3.      Sebutkan tari-tarian dan lagu minimal 5 daerah di indonesia.
4.      Jelaskan bagaimana dentuk perilaku siswa dalam keberagaman di sekolah!
f.       Sumber/ referensi
-            Buku paket PPKn kurikulum 2013

Semarang,                         2013
Mengetahui                                                                            
Kepala sekolah                                                                        Guru Kelas

.....................................                                                           ....................................
NIP:                                                                                        NIP:

Catatan Kepala Sekolah
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar