Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP
Kelas/Semester : 7/1
Sub
tema : bertoleransi
dalam keberagaman.
Alokasi
Waktu : (1
40 menit)

A.
Kompetensi
Inti
3.
Memahami pengertahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pemgetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
B.
Kompetensi
Dasar
3.6 Memahami keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender.
C.
Indikator
pencapaian kompetensi
3.6.1
Mendeskripsikan
keberagaman bangsa Indonesia.
3.6.2
Menyebutkan
Faktor-faktor penyebab keberagaman bangsa indonesia.
3.6.3
Menerapkan
perilaku toleransi terhadap keberagaman suku, ras, budaya, dan jenis kelamin.
D.
Tujuan
Pembelajaran
3.6.1.1
Siswa
dapat mendeskripsikan keberagaman bangsa Indonesia.
3.6.1.2
Siswa
dapat menyebutkan faktor-faktor penyebab keberagaman bangsa Indonesia.
3.6.1.3
Setelah
melakukan pembelajaran melalui pengamatan terhadap lingkungan sekitar
diharapkan siswa mampu menerapkan perilaku toleransi terhadap keberagaman suku,
ras, budaya, dan jenis kelamin.
E.
Materi
Ajar
1.
Deskripsi
keberagaman bangsa Indonesia.
2.
Faktor
penyebab keberagaman bangsa Indonesia.
F.
Model,
metode, dan pendekatan pembelajaran.
Model :ceranah,
dan diskusi
Metode :
Pendekatan Pembelajaran :
pendekatan scientifik
G.
Alat,
media/bahan.
1.
White
board
2.
Spidol
3.
Buku
paket
4.
Gambar
mengenai suku-suku yang ada di indonesia.
Bahan ajar atau uraian materi:
1.
Deskripsi
keberagaman bangsa Indonesia.
Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Indonesia terdiri atas
34 provinsi dengan ribuan pulau yang ada didalamnya. Luas dan besarnya wilayah
indonesia itu lah yang menyebabkan keberagaman yang ada di indonesia.
Keberagaman adalah suatu kondisi didalam masyarakat yang terdapat banyak
perbedaan dalam berbagai bidang. Perbedaan tersebut terutama terdapat dalan
suku, ras, agama, keyakinan, idiologi politik, sosial-budaya, ekonomi, dan
jenis kelamin. Kebhinekaan dapat menjadi tantangan karena dengan adanya
perbedaan- perbedaan itu akan mengakibatkan perpecahan apabila setiap individu
terlalu menonjolkan kelebihan-kelebihan dari kelompoknya atau tidak memiliki
rasa toleransi dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, oleh karena itu
peran pemerintah dan seluruh warga negara Indonesia dalam mendorong keberagaman
menjadi sebuah kekuatan guna mewujudkan persatuan dan kesatuan nasional.
2.
Faktor
penyebab keberagaman bangsa.
Keberagaman
bangsa Indonesia, terutama terbentuk oleh jumlah suku bangsa yang mendiami
wilayah Indonesia sangat banyak dan tersebar diseluruh wilayah Indonesia.
Setiap suku bangsa memiliki ciri khas atau karakter tersendiri, baik dalam
aspek sosial maupun budaya.
Keberagaman
lainnya dari bangsa Indonesia adalah agama dan kepercayaan. Sejarah bangsa
inonesia menunjukkan bahwa sejak dahulukala sistem kepercayaan di Indonesia
berkembag dan berdampingan secara damai. Hal itu ditunjukkan pada buku sotasoma
karangan mpu tantular pada zaman majapahit.
Perilaku yang
dapat ditunjukkan oleh siswa dalam masyarakat yang beragam, diantaranya adalah:
a.
Semangat
dan perilaku kebangsaan dalam kehidupan beragama yang beragam.
Semua orang di indonesia tentu menyakini salah satu agama, ada 6
agama yang diakui di Indonesia. Negara menjamin warga negaranya untuk menganut
dan mengamalkan ajaran agamanya. Hal itu diatur dalam UUD 1945 Pasal 29 (2):
negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya
masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.
Bentuk perilaku kehidupan dalam keberagaman agama diantaranya diwujudkan dalam
bentuk:
-
Menghormati
agama yang diyakini oleh orang lain.
-
Tidak
memaksakan keyakinan agama kita kepada orang yang berbeda agama.
-
Bersikap
toleransi terhadap keyakinan dan ibadah yang dilaksanakan oleh yang memiliki
keyakinan dalam agama yang berbeda.
-
Melaksanakan
ajaran agama dengan baik.
-
Tidak
memandang rendah dan menyalahkan agama yang berbeda dan dianut oleh orang lain.
b.
Semangat
dan perilaku kebangsaan dalam keberagaman ras suku di Indonesia.
Banyak tokoh yang menggambarkan ras itu dikaitkan dengan
karakteristik fisik yang dimiliki oleh kelompok manusia.tapi perbedaan kita
dengan orang lain tidak menunjukkan bahwa orang lain lebih baik dai kita, atau
kita lebih baik dari orang lain. Oleh karena itu kita harus berperilaku baik
kepada setiap orang tanpa memendang perbedaan tersebui.
c.
Semangat
dan perilaqku kebangsaan dalam keberagaman sosial-budaya.
Kehidupan sosial-budaya masyarakat Indonesia sangat beragam, yang
menjadi faktor penyebabnya dalah lingkungan. Keanekaragaman bangsa indonesia
nampak pula pada seni sebagai hasil kebudayaan daerah di indonesia.misalnya
dalam bentuk tarian dan nyanyian. Perilaku dan semangat kebangsaan dalam
mempertahankan keberagaman bangsa diantaranya dapat dilakukan dengan:
-
Mengetahui
keanekaragaman yang dimiliki bangsa Indonesia.
-
Mempelajari
dan menguasai salah satu seni budaya sesuai dengan minat dan kesenangannya.
-
Merasa
bangga terhadap budaya bangsa sendiri.
d.
Semangat
dan perilaku kebangsaan dalam perbedaan jenis kelamin.
Tuhan menciptan manusia dalam dua jenis yaitu laki-laki dan
perempuan. Hubungan sosial antara laki-laki dan perempuan itu lah yang
dinamakan jenis kelamin. Kesearaan jenis kelamin adalah hasil dari ketiadaan
diskriminasi berdasarkan jenis kelamin atas
dasar kesempatan, alokasi sumberdaya atau manfaat dan akses terhadap
pelayanan.
H.
Langkah
kegiatan/skenario bembelajaran.
NO
|
JENIS
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
1.
|
Kegiatan
pendahuluan.
a.
Orientasi.
-
Guru
mengucapkan salam, kemudian menunjuk salah satu siswa untuk memimpin do’a,
setelah itu melakukan absensi.
-
Guru mengulas
kembali materi yang di sampaikan pada pertemuan yang lalu.
b.
Apersepsi.
-
guru
menbacakan K.I, K.D, Indikator, dan Tujuan Pembelajaran yang akan di capai
c.
Motivasi.
-
Guru
menjelaskan manfaat mempelajari materi keberagaman yang ada di indonesia
sehingga dapat menumbuhkan rasa toleransi antar sesama.
d.
Pemberian
acuan.
-
Guru
menanyakan kepada siswa tentang apa yang mereka ketahui mengenai keberagaman
yang ada di indonesia.
-
Guru membagi
kelas menjadi 5kelompok dan masing-masing kelompok terdiri dari 5 siswa.
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Eksplorasi.
-
Guru
menjelaskan sedikit mengenai keberagaman yang ada di indonesia.
-
Guru menanya
kepada siswa tentang keberagaman yang ada di indonesia terutama suku-suku
yang siswa ketahui.
-
Guru meyuruh
siswa untuk mengamati keberagaman yang ada di lingkungannya dan kemudian
didiskusikan dengan kelompoknya. Kelompok tersebut terdiri dari kelompok
bahasa, kelompok agama, kelompok tari, kelompok lagu, dan kelompok makanan,
pakaian adat/peralatan hidup.
b.
Eksplorasi.
-
Guru menyuruh
siswa untuk mengkomunikasikan tugas kelompok tersebut dengan kelompoknya,
jika sudah selesai kemudian menujuk salah satu anggota dari masing-masing
kelompok untuk mengkomunikasikan hasil kerja kelompoknya degan kelompok lain,
dan kelompok lain boleh memberikan masukan kepada kelompok yang sedang
presentasi, sehingga akan terjadi diskusi yang berjalan efektif
c.
Konfirmasi.
-
Guru
menjelaskan kembali mengenai materi yang sudah dipaparkan oleh masing-masing
kelompok sehingga setiap siswa akan lebih memahami
|
|
3.
|
Penutup
-
guru
memberikan tugas individu kepada siswa.
-
Guru
memberikan arahan tidak lanjut pembelajaran minggu depan yang akan membahas
mengenai makna bhineka tunggal ika.
|
|
3.
Penilaian.
a.
Kisi-kisi
untuk tes tertulis.
Idikator
pencapaian kompetensi
|
Bentuk
instrumen tes tertulis
|
Juml.
soal
|
|||||||||
Uraian/lisan
|
No.
Soal
|
Pilihan
ganda
|
No.
soal
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Soal.
1.
Tuliskan
perilaku toleran dalam kehidupan beragama yang beraga!
2.
Liskan
perilaku toleran dalam perbedaan ras dan suku!
3.
Perilaku
toleran dalam keberagaman sosial budaya
Isilah tabel
dibawah ini!
No.
|
Daerah.
|
Nama
tarian.
|
Nama
lagu
|
1.
|
Jawa
tengah
|
Tari
gamyong, tari merak
|
Sue
ora jamu.
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
4.
Perilaku
menghargai perbedaan sosial dan budaya!
5.
Perilaku
toleran dalam perbedaan jenis kelamin!
c.
Kunci.
1.
Perilaku
toleran dalam kehidupan beragama
-
Menghormati
agama yang diyakini oleh orang lain.
- Tidak memaksakan keyakinan agama kita kepada orang yang berbeda
agama.
- Bersikap toleransi terhadap keyakinan dan ibadah yang dilaksanakan
oleh yang memiliki keyakinan dalam agama yang berbeda.
- Melaksanakan ajaran agama dengan baik.
- Tidak memandang rendah dan menyalahkan agama yang berbeda dan
dianut oleh orang lain.
2.
Perilaku
toleran dalam perbedaan ras/suku.
- Berperilaku baik terhadap sesama tanpa memandang berbagai perbedaan
diantaranya, warna kulit, warna rambut, bentuk ramput, dan
lain-lain
3.
Perilaku
toleran dalam keberagaman sosial budaya
No.
|
Daerah.
|
Nama
tarian.
|
Nama
lagu
|
1.
|
Jawa
tengah
|
Tari
gamyong, tari merak
|
Sue
ora jamu.
|
2.
|
Sulawesi
selatan
|
Tari
kipas
|
|
3.
|
Sumatra
barat
|
Tari
piring, tari payung
|
|
4.
|
Jawa
barat
|
Tari
jaipong
|
|
5.
|
Bali
|
Tari
kecak
|
|
6.
|
Aceh
|
Tari
saudati
|
|
7.
|
Sulawesi
utara
|
Tari
maengket
|
|
8.
|
maluku
|
Tari
lenso
|
|
9.
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
4.
Perilaku
menghargai perbedaan sosial dan budaya
-
Menghargai
kebudayaan daerah lain.
-
Tidak
menjelek-jelekkan kebudayaan darrah lain.
5.
Perilaku
toleran dalam perbedaan jenis kelamin
- Tidak meremehkan orang yang berjenis kelamin perempuan atau
sebaliknya.
- Memberikan kesempatan yang sama kepada laki-laki maupun perempuan
untuk mengekplorasikan dirinya.
-
d.
Pedoman
penskoran.
Benar
2 = nilai

Ex :
5

e.
Tugas.
Jawablah
soal-soal berikut!
1.
Sebutkan
bentuk-bentuk keragaman yang dimiliki bangsa Indenesia!
2.
Sebutkan
latar belakang yang menyebabkan bangsa Indonesia beragam!
3.
Sebutkan
tari-tarian dan lagu minimal 5 daerah di indonesia.
4.
Jelaskan
bagaimana dentuk perilaku siswa dalam keberagaman di sekolah!
f.
Sumber/
referensi
-
Buku
paket PPKn kurikulum 2013
Semarang,
2013
Mengetahui
Kepala
sekolah Guru
Kelas
..................................... ....................................
NIP: NIP:
Catatan
Kepala Sekolah
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar